Objek Wisata Loyang Datu (Isaq) Sangat Indah, Namun Butuh Perhatian Serius Pemerintah -->

Advertisement

SELAMAT DATANG DI WWW.KEIZALINNEWS.COM INSPIRASI RAKYAT INDONESIA

Objek Wisata Loyang Datu (Isaq) Sangat Indah, Namun Butuh Perhatian Serius Pemerintah

Redaksi
Wednesday, February 17, 2021


Keizalinnews.com | Aceh Tengah - Tempat objek wisata Loyang Datu yang konon katanya banyak menyimpan benda sejarah juga cerita legenda dan memiliki panorama indah, kini hampir tak terawat, semenjak pandemik virus covid-19 ini melanda dunia.


Loyang Datu adalah bahasa daerah suku Gayo yang dalam arti Goa Leluhur yang terletak didaerah perbukitan sekitar 28 KM dari kota Takengon, Goa ini dulunya memiliki segudang sejarah mulai dari para Aulian, Leluhur Orang Suku Gayo hingga dijaman penjajahan. banyak cerita atau pun hikmah yang dapat kita petik dari perjalanan sejarah tersebut.




Selain kisah-kisah sejarah, saat kita memasuki lokasi wisata yang berhawa sejuk ini, kita juga disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan, suara-suara derasnya air mengalir, batu-batuan yang memiliki warna hijau, tebing batu yang melingkari areal air terjun berbentuk goa, hingga tempat pemandian buat keluarga dan masih banyak lagi keindahan-keindahan yang dapat kita nikmati dilokasi wisata Loyang Datu ini.


Salah satu tokoh Masyarakat yang juga sebagai Kepala Kampung (Reje) Kute Robel Pemukiman Isaq, Arif Prastyo Menyampaikan," dulu sudah pernah ada kita buka lokasi wisata ini, namun masih kurang ada pengunjungnya karna masih banyak pasilitas yang belum memadai, bahkan ada beberapa pondok-pondokannya yang mulai rusak, apa lagi disaat covid-19 melanda, kegiatan lokasi ini untuk sementara kita tutup," ujarnya.


"Namun kini kita akan mulai lagi aktifkan dengan tujuan agar objek wisata yang ada di Desa kita ini bisa menjadi pendongkrak roda perekonomian masyarakat pemukiman Isaq, dengan pasti kita juga terapkan protokol kesehatan (Prokes)," ucap Reje Kute Robel.



Tetapi kami disini juga berharap, bahwa dengan kita buka kembali tempat objek wisata Loyang Datu ini, ada perhatian dari pemerintah yang terkait untuk mensuport anggarannya agar apa yang kita harapkan membangun sarana dan prasaranya bisa terlaksana dengan sempurna, sehingga para pengunjung yang datang kemari merasa puas dan berkesan saat berkunjung ke Goa Leluhur ini.


Harapan kami kembali dibukanya lokasi ini, lanjut Arif Prastyo," bisa menambah inkam dan pemasukan bagi desa dan masyarakat kami nantinya, juga sejarah-sejarah yang ada disini bisa kita tanamkan ke generasi muda untuk menjaga dan melestarikanya agar cagar budaya ini tetap terjaga dengan baik," harap Reje Kute Robel Arif Prastyo. (Indra G)