Istri Plh Bupati Muara Enim Berkunjung ke RBS -->

Advertisement

SELAMAT DATANG DI WWW.KEIZALINNEWS.COM INSPIRASI RAKYAT INDONESIA

Istri Plh Bupati Muara Enim Berkunjung ke RBS

Redaksi
Sunday, February 21, 2021


Keizalinnews.com | Muara Enim - Istri Plh bupati Muara Enim Renny Devi Nasrun Umar, Jumat siang (19/2/2021) berkunjung ke Rumah Batik Serasan (RBS) pelaku UMKM batik di Kabupaten Muara Enim hasil produksi batik khas Bumi Serasan Sekundang. Istri PLH bupati H Nasrun Umar (HNU) itu merasakan langsung  mencanting, serta membuat batik cap motif meraje.


Hj Renny mengaku kagum terhadap UMKM di Kabupaten Muara Enim di masa pandemi covid-19 masyarakatnya tetap produktif dan kreatif serta mandiri.



"Bangkitnya UMKM ini harus didukung oleh perbankan yang bisa menjadi bapak angkat untuk memajukan usaha masyarakat ungkap Renny. Selain itu, UMKM yang ada harus juga bergabung menjadi binaan dinas terkait, seperti dinas perdagangan, dinas Koperasi dan UMKM, dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,agar usaha ini cepat besar.


Selama berada di Rumah Batik Serasan, Hj Renny didampingi Kabid Perdagan Dr Dessy Hersyanti SE MM, Dinas Pariwisata Wulan didampingi Elly, TP PKK, Darma Wanita, dan GOW, serta Kepala Bank Sumsel Babel Muara Enim  Bnny Maryanto.



Hj Renny mengajak pemerintah daerah untuk mendukung UMKM. Dimana pada saat ini Kabupaten Muara Enim  tengah berkembang, seperti batik cap, batik Khaman, jumputan, ekoprint, batik kujur, dan batik motif durian dari Seleman.  pemerintah daerah bisa mendorong pemasaran dan promosi batik sebagai seragam ASN ungkap Renny.


Tentunya Pemda bisa menginstruksikan pada hari-hari tertentu ASN harus pake batik.  Bisa dimulai dari kepala dinasnya pake batik untuk mendukung UMKM,"ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Bank Sumsel Babel (BSB) Cabang Muara Enim, Benny Maryanto mengungkapkan, perbankan yang dipimpinnya selama ini mendukung majunya UMKM di wilayahnya.Dengan cara memberikan kredit lunak kepada para pelaku usaha kecil.


Pembina Rumah Batik Serasan, Aan Rasyid AMd mengatakan bahwa batik ini merupakan usaha kelompok dari Rumah Kreatif Seraan (RKS). Selain batik, ada rumah kopi, griya sovenir dan kaos, fashion, serta kulineran ungkap Aan.


"Jadi dari usaha batik ini, nantinya bisa berkembang lagi menampungi pelaku ekonomi kreatif lainnya untuk membangun ekonomi keluarga dan masyarakat. (Sbw /korwil Sumsel)