HNU Sebagai Plh Bupati Muara Enim -->

Advertisement



SELAMAT DATANG DI WWW.KEIZALINNEWS.COM INSPIRASI RAKYAT INDONESIA

HNU Sebagai Plh Bupati Muara Enim

Tuesday, February 16, 2021



KeizalinNews.com Sumsel —Gubernur Sumatera Selatan menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumsel H Nasrun Umar menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara  Enim pasca  ditetapkan dan ditahannya Bupati Muaraenim H Juarsah, SH selaku tersangka baru pada kasus suap fee proyek di Dinas PU PR Muaraenim atas pengembangan dari lima tersangka sebelumnya yang sudah dinyatakan bersalah dan ditahan.


Herman Deru menyampaikan pada awak media penunjukan Sekda Pemprov Sumsel sebagai Plh sebagai perpanjangan tangan untuk mengurus Kabupaten Muaraenim penunjukkan Plh ini sambil menunggu status jabatan Bupati Muaraenim Juarsah dari Mendagri apakah nanti dinonaktifkan atau diberhentikan.


Jika status Juarsah dinonaktifkan, maka menurut Herman Deru, dirinya akan mengajukan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim.


Dengan ditetapkannya Juarsah sebagai tersangka, maka terjadilah kekosongan kekuasaan di Pemerintahan Kabupaten Muaraenim.


Atas dasar itulah Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Muaraenim Emran Tabrani langsung menuju Kota Palembang menghadap Gubernur Sumsel H Herman Deru untuk meminta petunjuk terkait hal tersebut.


Emran mengatakan setelah mereka menghadap Gubernur kita mendapatkan  petunjuk dari beliau dan  HD berpesan agar roda pemerintahan kabupaten Muara Enim harus tetap jalan dan berlangsung seperti biasa.


Berdasarkan UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah di Pasal 86 ayat (2) UU 23/2014: Apabila bupati/wali kota diberhentikan sementara dan tidak ada wakil bupati/wakil wali kota, Menteri menetapkan penjabat bupati/wali kota atas usul Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah tersebut.


Berdasarkan UU tersebut,  diperkirakan dalam waktu dekat, Gubernur Sumsel akan menentukan seorang Pejabat Bupati Muara Enim guna melanjutkan roda pemerintahan yang ada di Kabupaten Muara Enim Sumsel.(korwil Sumsel)