Danrem 011/LW Hibahkan Kuda Pejantan Jenis Thoroughbred New Zealand Kepada Aceh Tengah -->

Advertisement

SELAMAT DATANG DI WWW.KEIZALINNEWS.COM INSPIRASI RAKYAT INDONESIA

Danrem 011/LW Hibahkan Kuda Pejantan Jenis Thoroughbred New Zealand Kepada Aceh Tengah

Redaksi
Monday, February 01, 2021


Keizalinnews.com | Takengon - Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro.SE. menyerahkan satu ekor Kuda Pejantan Jenis jenis Thb (Thoroughbred) New zealand kepada pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.


Penyerahan hiba dari Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Tengah Drs. H. Shabella  AbuBakar, di Kampung Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (31/01/2021).



Danrem : Kuda adalah Sahabat Manusia dari dulu merupakan Transportasi yang Penting.


Disela acara penyerahan Kuda, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro mengatakan. “Hewan jenis Kuda pejantan Thb (Thoroughbred) New Zealand merupakan pemberiaan dari sahabatnya saya Pak Ir. Iman Hartono. Beliau adalah Bendahara Umum PP Pordasi di Solo, mengibahkan Kuda ini untuk Kabupaten Aceh Tengah," kata Danrem.


Danrem menyebutkan, bahwa kuda adalah sahabat manusia dari dulu Merupakan transportasi yang penting. Bahkan masa perang dulu juga banyak para Pahlawan yang mengunakan kuda termasuk pangeran Diponegoro dengan kudanya yang sangat terkenal.



Begitu pun di militer Tentara nasional Indonesia (TNI), masih ada Detasemen berkuda di Parongpong Bogor, kalau di dataran tinggi gayo ini untuk lomba atau kita kenal dengan sebutan"Pacu Kude," yang merupakan tradisi Adat Gayo.


“Kuda pejantan itu bernama "Leonardo Eclipse" yang berasal dari New Zealand, kuda ini untuk Kabupaten Aceh tengah yang dijadikan pejantan siapapun masyarakat gayo yang memiliki kuda lokal atau kuda lainya yang ada di kabupaten Aceh tengah dan ingin mengembangkan keturunan bisa mengawinkan dengan kuda tersebut," terang Danrem Baskoro.


Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Drs. H. Shabella  Abu Bakar mengatakan “Pernah juga kami datangkan pejantan dari Australia agar bisa memberikan keturunan yang baik sehingga kuda  di Aceh tengah bisa bersaing tingkat daerah maupun luar daerah," katanya.


“Kedepan kita Kabupatan Aceh Tengah akan menjadi tuan rumah pekan olahraga Nasional dan salah satu cabangnya adalah berkuda, kami berharap bisa jadi tuan rumah yang baik dan kita semua bisa menjaga pasilitas yang ada dengan baik," harap Bupati.


Bupati Aceh Tengah mengucapkan terima kasih kepada Danrem 011/Lilawangsa. “Kami atas nama pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah atas hibah ini dan Inshaallah kita silangkan dengan kuda lokal sehingga bisa menghasilkan keturunan yang bagus. Sehingga bisa membantu kemajuan olahraga Kuda di Kabupaten Aceh Tengah ini," Ungkapnya.



Selanjutnya, Dandim 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Teddy Sofyan S.Sos menyampaikan terima kasih kepada Komandan Korem 011/Lilawangsa yang telah turut mendukung kemajuan Wilayah tanggung jawabnya Kodim 0106/Aceh Tengah, dengan menyerahkan kuda Leonardo eclipse untuk warga gayo, khususnya warga yang ingin blasterkan keturunan kudanya agar lebih berkualitas, terangnya.


Hadir pada acara tersebut diantaranya, Bupati Aceh Tengah Drs. H. Shabella  Abu Bakar, Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Teddy Sofyan S.Sos, Kasi Intel Korem 011/LW Letkol Caj Sadikin Bintang, para Kadis, para Pasi dan Danramil Kodim 0106/Ateng, Reje Blang Bebangka  M. Arip, Peternakan kuda Bukit Stable Irmi, serta para penggiat kuda dan masyarakat yang hadir. (Indra G)