Yayasan KAYYIS Ahsana Aceh Dan IKAN Sosialisasi Rehabilitasi Narkoba Di Kecamatan Sakti -->

Advertisement

SELAMAT DATANG DI WWW.KEIZALINNEWS.COM INSPIRASI RAKYAT INDONESIA

Yayasan KAYYIS Ahsana Aceh Dan IKAN Sosialisasi Rehabilitasi Narkoba Di Kecamatan Sakti

Redaksi
Thursday, December 03, 2020


KeizalinNews.com | Pidie – Inspirasi Keluarga Anti Narkoba (IKAN) Kabupaten Pidie Bekerja sama dengan Yayasan Kayyis Ahsana Aceh (KYA) mengadakan kegiatan Sosialisasi Program Rehabilitasi dan Pasca rehabilitasi yang bertempat di Kantor Camat Kecamatan Sakti Kabupaten Pidie Rabu 02 Desember 2020.


Dalam kegiatan ini diikuti 30 orang perwakilan dari Ketua pemuda yang ada dalam gampong kecamatan sakti.Panitia pelaksana kegiatan dari DPD IKAN Pidie menghadirkan dua narasumber. Kegiatan ini dibuka oleh Camat Kecamatan Sakti , Nurmasyitah S.Ag memberikan sambutan sekaligus menyampaikan sedikit materi tentang bahayanya narkoba.



Kemudian acara selanjutnya di lanjutkan oleh pemateri yang pertama,Dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Inspirasi Keluarga Anti Narkoba (IKAN) yaitu Bapak Syahrul Maulidi ,SE.M.Si ,Ia menjelaskan Indonesia menjadi potensi pasar potensial bagi bisnis haram narkoba dengan jumlah penduduk 250jiwa. Bahkan jumlah penyalahguna narkoba di Indonesia +- 5juta dan berdasarkan Laporan Kepala BNNP Aceh. Saat ini Aceh berada pada rangking ke 6 dengan jumlah penyalahguna sudah mencapai 82.000 lebih.


Diakatakan, kejahatan narkoba sebagai mesin pembunuh masal (silent killer) diperkirakan 40 orang meninggal perhari karena narkoba. Untuk meminilasir terjadinya lost generaton perlu adanya lembaga rehabilitasi dan pascarehabilitasi karena para pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan merupakan orang sakit yang butuh perhatian dan bimbingan  bersama.



Dengan begitu maka   lanjut Ketua Umum IKAN itu,mereka dapat di pulihkan baik secara pisik dan psikis dengan rehabilitasi medis, rehabilitasi sosial dan pascarehabilitasi yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan layanan yang terintegritas.


Kegiatan ini diharapakan stakeholder, dinas terkait dan Lembaga Rehabilitasi komponen masyarakat dan pemerintah, dapat menyampaikan informasi tentang rehabilitasi penyalahguna narkoba kepada masyarakat luas. Sehingga mereka mempunyai kesempatan untuk pulih, dengan datang ke lambaga rehabilitasi.


Semenatra itu, Pemateri ke 2  Ketua Yayasan KAYYIS AHSANA ACEH,Drs.M.Nasir,M,pd, memberikan materi dengan Tema”Penanganan Adiksi narkoba melalui layanan Rehabilitasi dan Pascarehabilitasi” . Dalam paparanya menjelaskan bahwa perubahan paragidma tentang pecandu, penyalahguna dan korban penyalah guna narkoba, bahwa dulu paradigma bahwa pecandu merupakan kriminal, pelaku pidana, dihukum dan fokus individu.


“Mereka (pecandu) merupakan aib dalam keluarga dan sampah masyarakat sehingga tidak dapat kehidupan mereka menjadi tidak karuan, akan tetapi dengan perubahan paradigma baru bahwa pecandu, penyalahguna dan korban penyalahguna narkoba merupakan orang sakit yamg butuh pemulihan dengan Rehab sosial secara komprehensif sehingga mereka dapat diterima kembali di keluarga dan masyarakat.,” ujarnya.


Selanjutnya Pak Nasir juga menjelaskan tentang Program dimana rehabilitasi merupakan proses pemulihan penderita gangguan penggunaan narkoba dalam waktu pendek maupun panjang.  Dengan tujuan mengubah perilaku untuk mengembalikan fungsi individu tersebut di masyarakat.


Ketua Dewan Pimpinan Daerah Inspirasi Keluarga Anti Narkoba (IKAN) Zulfan S.Kom Dan Ibu Camat Kecamatan Sakti Nurmasyitah S.Ag mengucapkan terimakasih kepada peserta yang telah memenuhi undangan dalam rangka sosialisasi narkoba hari ini di kantor camat,mudah mudahan ini menjadi pengetahuan kita tetang rehabilitasi. (Baihaki)