Kejari Belitung Hadiri Rakernas Kejaksaan RI 2020 -->

Advertisement

SELAMAT DATANG DI WWW.KEIZALINNEWS.COM INSPIRASI RAKYAT INDONESIA

Kejari Belitung Hadiri Rakernas Kejaksaan RI 2020

Redaksi
Monday, December 14, 2020


KeizalinNews.com | Belitung - Kejaksaan Negeri Belitung hadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2020, bertempat diruang pertemuan Kantor Kejari Belitung melalui "video conference", Senin (14/2).


Kegiatan itu diikuti Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Belitung, Para Kasi dan Kasubag dilingkup Kejaksaan Negeri Kabupaten Belitung.


Kajari Belitung Ali Nurudin SH MH melalui Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Belitung Anggoro, benarkan adanya kegiatan tersebut.



Pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 14  hingga 16 Desember 2020, untuk program kerja skala prioritas menyukseskan Program Pemulihan Ekonomi Nasional.


Presiden RI Joko Widodo membuka secara langsung melalui "video conference" di Istana Negara dan dihadiri oleh seluruh Pejabat Kejaksaan se-Indonesia.


Acara rapat kerja kejaksaan RI tahun 2020 dihadiri juga oleh beberapa narasumber lainnya, diantaranya Menko Polhukam Prof Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan dari Akademisi DR Yenti Garnasih SH MH.


Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo menitikberatkan pada peningkatan kinerja Kejaksaan berbasis teknologi informasi, menurutnya kinerja Kejaksaan itu wajah pemerintah.


Mengenai penanganan tindak pidana korupsi, difokuskan juga pada pencegahan dan penyelamatan keuangan negara, serta penegakan hukum yang trasparan.


Presiden juga menyarankan bahwa dalam melakukan rekruitmen pegawai maupun promosi harus dengan transparan, sebab kata dia Kejaksaan itu sebagai fitrah wajah pemerintah. Mengenai penegakan tindak pidana HAM masa lalu agar dapat dituntaskan dan perlunya dilakukan antisipasi terhadap terorisme.


Menko Polhukam maupun Menko Perekonomian mengapresiasi kinerja Kejaksaan RI di tahun 2020, baik di bidang penegakan hukum seperti penanganan perkara besar yang menjadi perhatian masyarakat, seperti perkara asuransi jiwasraya dan lainnya.


Presiden berikan apresiasi untuk Kejaksaan sebagai salah satu institusi yang telah banyak membantu dalam kegiatan pendamping dan pengamanan pemulihan ekonomi nasional pada masa pendemi Covid-19. Dan telah membantu dalam pemulihan keuangan negara mencapai triliunan rupiah sehingga berdampak pada perbaikan ekonomi nasional.


Dalam Rakernas Kejaksaan RI secara bersamaan, Senin 14 Desember 2020 juga dilaksanakan acara rapat Pengurus Ikatan Adhyaksa Dharmakarini se-Indonesia tahun 2020


Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ny Sruningwati Burhanuddin membuka acaranya dengan mengambil tema "Optimalisasi Tata Laksana Organisasi IAD dalam Pelaksanaan Program Kerja". (Tim)