U-teutot (Kelapa Bakar) Khas Pulo Tangkorak di Incar Warga -->

Advertisement




U-teutot (Kelapa Bakar) Khas Pulo Tangkorak di Incar Warga

SANGRAJAWALI
Sunday, November 01, 2020


KeizalinNews.com | Bireun - U Teutot (kelapa bakar) merupakan salah satu sajian  khas masyarakat Gampong Pulo Lhok atau sering juga disebut Gampong Pulo Tengkorak, Ulim, Pidie Jaya. Menu unik tersebut sudah ada sejak zaman dahulu dan bertahan sampai sekarang.untuk sementara U teutot (Kelapa bakar ) di Cot Buket Bireun,hanya Satu-Satunya yang ada Aceh Kata Junaidi,walaupun ada tapi beda Rasanya,


Kelapa digunakan adalah kelapa muda yang baru dipetik dan masih utuh, kemudian di bakar dalam sebuah media pembakaran hingga sekitar 1-2 jam pembakaran, setelah dibakar dikupas dan dibelah untuk diambil air dan dikeruk kelapanya.



Lazimnya kelapa muda biasa, dan tanpa menambahkan gula karena rasa nya sudah terasa manis setelah terjadi proses pembakaran dimaksud, begitu juga dengan rasa kelapanya serta warna nya juga sudah berubah menjadi warna kecoklat-coklatan.


Penjual “U Teutet” tersebut adalah salah seorang tokoh masyakarat gampong Pulo Lhok, Ulim, yang juga Mantan  Keuchik Gampong Pulo Lhok ulim  Junaidi Abdul Latif, 40,  Pidie Jaya dan Juga Sebagai Anggota Rapi Pidie Jaya dengan Callsing JZ01IJU di sela -sela pembakaran kelapa terletak di pinggir jalan raya B.Aceh-Medan, didesa Cot Buket Bireun 


“ini merupakan makanan khas masyarakat kami Gampong Pulo Lhok, atau Pulo Tengkorak, Ulim, Pidie Jaya,  khasiat dari makanan kesehatan ini.”, 


Alhamdulillah, saat ini kelapa bakar sudah dapat dinikmati di negeri seberang, Malaysia,” ujar  ayah dari tiga putra-putri ini.



Sementara berdasarkan keterangan khasiat disampaikan nya meliputi dapat menyembuhkan penyakit ginjal, Liver, Prostat, Sakit pinggang, Encok Pegel linu, Rematik, Darah Tinggi, Darah Manis, Asma/Sesak nafas, Asam urat, Maag, dan proses kehamilan(Mempercepat keturunan dan lain-lain)


U Teutot tersebut dijual mulai pagi sampai Jam 12 malam dengan harga jual bervariasi mulai Rp 15. ribu per buah. Sementara selain menjual U Teutot, Junaidi  juga menjual kelapa muda biasa namun jumlah nya terbatas, karena fokusnya adalah ke U Teutot yang menjadi incaran masyarakat  sebagai makanan atau minuman kesehatan yang diketahui berkhasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit pungkas Junaidi. (Muntadir)