Pineung Ribee Samalanga Selenggarakan Meurukon Di Acara Maulid Nabi -->

Advertisement

SELAMAT DATANG DI WWW.KEIZALINNEWS.COM INSPIRASI RAKYAT INDONESIA

Pineung Ribee Samalanga Selenggarakan Meurukon Di Acara Maulid Nabi

Redaksi
Sunday, November 29, 2020


KeizalinNews.com | Pidie - Acara memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad Saw Di Gampong Pineung Ribee Samalanga Tgl 29 November  2020 dimeriahkan dengan Acara Rukon, atau disebut Nazam Agama.


Rukon atau Nazam Agama yang diselenggarakan di desa Pineung siribee, dimeriahkan oleh dua group yang sangat terkenal di Masyarakat Ulee Gle dan Simpang Mamplam.


Dari Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireun, di wakili oleh Group Rukon Nabawi, yang di Ketuai Oleh Razali Sulaiman, di damping oleh Anggotanya. Nyak Dun, Afrizal, Marzuki, Amiruddin.



Sedangkan dari Ulee Gle Kabupaten Pidie Jaya, di wakili oleh Group Rukon Jamaatul Fata, yang yang di ketuai oleh T. Asnawi, di damping oleh Anggotanya, Amiruddin, Ramli, Saiful Bahri, Marzuki.


Menurut Ketua Umum LEMBATU, Teungku Munawar S.Pd.I Rukon atau Nazam Agama ini adalah salah satu kebudayan Aceh yang perlu dilestarikan dan perlu perhatian serius dari Pemerintah Aceh, Terutama dinas atau instansi yang menangani Kebudayaan.


Mengingat Rukon adalah kebudayan Aceh yang harus dikembanggkan dan harus disesuaikan dengan perkembangan zaman, karna dengan Rukon selain dapat menambah wawasan Masyarakat terhadap pemahaman agama, dengan Rukon juga dapat menjalin tali silaturrahmi antar warga, juga menjadi hiburan bagi Masyarakat Aceh Pada umum nya.


Dengan Rukon menurut Teungku Munawar S.Pd.I dapat menjadi nasehat kepada para pemuda dan pemudi, dari meudrah Agama yang disampaikan oleh peserta Rukon tersebut.


Dengan demikian, pelestarian Rukon akan membawa dampak positif kepada para Pemuda sehingga mereka terhindar dari pengaruh Narkoba dan Pekat. (Baihaki)