Pengukuhan Anggota MPU Aceh Tengah, Bupati Tegaskan MPU Adalah Mitra Sejajar Pemerintah -->

Advertisement



Pengukuhan Anggota MPU Aceh Tengah, Bupati Tegaskan MPU Adalah Mitra Sejajar Pemerintah

SANGRAJAWALI
Saturday, November 21, 2020


KeizalinNews.com | Takengon - Bupati Aceh Tengah, menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu (21/11/2020) bertepatan dengan 5 Rabiul akhir 1442 H, bertempat di Gedung Ummi, Komplek Pendopo Bupati Aceh Tengah. 


Agenda rapat tersebut adalah Pengucapan Sumpah Pimpinan dan Anggota Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tengah untuk masa bakti lima tahun Periode 2020-2025.


Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih pada seluruh anggota MPU periode masabakti 2015-2020 yang telah menjalankan program dan kegiatan MPU Kabupaten Aceh Tengah  pada kepengurusan periode sebelumnya.



Dikatakan Bupati, Pemerintah sangat berharap, kepada para Pimpinan dan Anggota MPU yang dilantik dapat memberikan Bimbingan, Pembinaan dan Pemersatu umat, serta memberikan masukan pertimbangan sesuai dengan tuntunan Syariat Islam pada Pemerintah sebagai mitra sejajar dalam pembangunan di Kabupaten Aceh Tengah. 


“MPU Kabupaten Aceh Tengah harus proaktif memberikan nasehat dan pengingat di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, kami akan terus mengharapkan masukan dan arahan serta nasehat pada MPU baik diminta maupun tidak sebagai mitra sejajar Pemerintah, sebagai modal penting dalam membangun daerah dan masyarakat,” tutur Bupati.


“Kita sama-sama berharap agar kedepannya MPU bisa melahirkan lagi rumusan dan rekomendasi terbaik, yang dituangkan dalam program-programnya secara lebih komprehensif, merata dan berkesinambungan serta dapat saling bahu membahu dan bersinergi dalam membangun dataran tinggi tanoh gayo ini,” tambahnya lagi.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua MPU Aceh Tengah Tgk M.Isa Umar, dalam Hutbah Iftitahnya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati Aceh Tengah dan para unsur pimpinan daerah yang telah turut menyaksikan pengucapan sumpah Pimpinan dan Anggota MPU Aceh Tengah masabakti 2020-2025. Dikatakan, "Pengucapan sumpah ini sangatlah sakral bagi para pengurus MPU, sebagai motivasi agar mampu mengemban amanah kedepannya nanti".



Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan melantunkan shalawat menambah khitmah kegiatan ini. kegiatan dilanjutkan dengan Pimpinan Rapat Ketua MPU Aceh Tengah terpilih membuka secara resmi Rapat Paripurna Istimewa MPU Aceh Tengah. 


Selanjutnya, Kepala Sekretariat MPU, Darussalam, membacakan Keputusan Bupati Aceh Tengah No.451.7/668/MPU/2020 tentang Pemberhentian Anggota MPU Aceh Tengah masabakti 2015-2020 dan penetapan anggota MPU Aceh Tengah masabakti 2020-2025. Dilanjutkan dengan Pengambilan sumpah serta penandatanganan Berita Acara Pengucapan Sumpah/Pengukuhan Pimpinan dan seluruh anggota MPU Aceh Tengah, secara simbolis disaksikan oleh Kepala kantor kementrian agama kabupaten Aceh Tengah, serta Ketua Mahkamah Syari'ah Takengon. 


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Aceh Tengah, wakil Ketua DPRK Aceh Tengah, Kejari Aceh Tengah, perwakilan Pengadilan Negeri, Perwakilan Kodim 0106 Takengon, dan para insan pers serta tamu undangan lainnya. (Indra G)