Minim pengawasan, Proyek Normalisasi Kali Ranggon Diduga Amburadul -->

Advertisement

SELAMAT DATANG DI WWW.KEIZALINNEWS.COM INSPIRASI RAKYAT INDONESIA

Minim pengawasan, Proyek Normalisasi Kali Ranggon Diduga Amburadul

Redaksi
Friday, November 27, 2020


KeizalinNews.com | Bekasi - Pekerjaan normalisasi kali di kampung Ranggon Rt.01/05, Desa Karang Sari Kecamatan Cikarang, Timur Kabupaten Bekasi diduga asal-asalan. Kamis, (26/11/2020).


Tidak ada pengawasan dari Dinas baik dari konsultan dan dinas terkait, sehingga yang terjadi dilokasi Desa karang sari, diduga amburadul.


Dari salah satu aparatus Desa, Midun selaku kaur trantib Desa Karang sari Kecamatan Cikarang Timur saat dimintai keterangan dari media Keizalinnews.comterkait papan proyek belum terpasang, pengawas atau konsultan tidak berada dilokasi normalisasi.


"Pengawas atau konsultan hanya ada waktu pengukuran awal saja," terang Midun.


Menurut Supardi, anggota DHN P (KPK) PEPANRI, pemantau penyelamat aset negara Republik Indonesia, mengatakan amat sangat disayangkan pekerjaan normalisasi kali kampung ranggon Desa Karang Sari Rt.01/05 tanpa adanya papan informasi kegiatan.


"Kegiatan normalisasi ini bagaikan proyek siluman tanpa adanya papan informasi," Kata Supardi.


Lanjut Supardi, sangat disayangkan kegiatan pekerjaan proyek normalisasi seperti siluman karna proyek tidak terpasang papan proyek dengan anggaran APBD, apabila pekerjaan proyek yang dibiayai oleh uang negara hasilnya tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan merugikan pemerintah pengawas atau konsultan harus berperan aktif.


"Konsultan harus tegas serta mengkroscek normalisasi tersebut jika ada hal yang menyimpang dalam menggunakan uang negara," ujar Supardi.


Normalisasi yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah APBD Kabupaten Bekasi, tahun anggaran 2020 tersebut nilainya sangatlah besar dan mendapat sorotan warga masyarakat setempat. (Teger BK)