Lalui LSM JARA, JCA dan CLR Laksanakan Pembangunan Rumah Muhammad -->

Advertisement




Lalui LSM JARA, JCA dan CLR Laksanakan Pembangunan Rumah Muhammad

SANGRAJAWALI
Friday, November 20, 2020


KeizalinNews.com | Aceh - Jamboe Charity Australia (JCA) dan Cet Langet Rumoh (CLR ) melalui LSM JARA ( Jaringan Aspirasi Rakyat Acheh) melaksanakan pembangunan rumah Muhammad sebagai Buruh Kasar muat pasir - Rukiah  sebagai ibu rumah tangga yang merupakan warga Desa  Jeulanga Barat, Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya yang hidup di sebuah rumah sudah Reoh dan tidak layak huni.


Peletakan batu pertama pembangunan rumah Layak Huni Tipe 36 Lengkap dengan MCK  yang dibiayai Oleh JCA, CLR , LSM JARA  sebesar Rp 50 juta, dan dibantu dengan anggaran desa 12 juta dilakukan ,  Ketua DPP LSM JARA , Forum LSM Aceh  dan perwakilan Cet Langet hadir langsung ke lokasi acara peusijuek , Kamis (19/11/2020).


Usai meninjau dan meletakkan batu pertama pembangunan rumah Cet Langet dan JCA  melalui Ketua DPP LSM JARA Iskandar S.Pd berkomitmen untuk mensejahterakan warga aceh .


Iskandar kepada medaia ini mengucapkan Terimakasih kepada Donatur yang sudah meringankannya beban keluarga Muhammad dan Rukiah dengan menghimpun dana dari masyarakat aceh yang di Negara Australia ini sangat kita Apreasiasi.


Semoga menjadi ladang amal bagi para donatur , kita mengharapkan Gerakan sosial ini tumbuh dan berkembang di semua Negara yang ada warga aceh , Mari bersatu untuk kemaslahatan masyarakat Aceh .



LSM JARA siap selalu bermitra dengan lembaga apapun asal untuk kepentingan masyarakat Aceh , di antaranya nya Program Saweu Layak Huni bagi masyarakat Miskin dengan Kriteria khusus  , Program Gerakan Peduli Disabilitas , Gerakan Bersih Pantai bersama lintas Organisasi pidie yang sudah pernah kita lakukan , Gerakan Saweu Aspirasi Masyarakat dengan datang langsung ke lokasi untuk advokasi permasalahan sosial yang di hadapi masyarakat Aceh kemudian kita sampaikan ke pemerintah serta  kita cari solusi bersama ungkap Iskandar 


Cet Langet Rumoh merupakan Sebuah lembaga yang fokus pada isue sosial dan pendidikan di aceh , berbagai terobosan dan Program Sosial dan pendidikan sudah di jalankan CLR di Bawah Ke Pemilihan Edi Fadhil ,SH , ini merupakan rumah yang  103 rumah di Bangun dengan Inisiator Utama CLR di Seluruh Aceh .


Pemerintah Desa setempat juga mendukung pembangunan rumah dengan biaya 12 juta dari dana desa yang akan dibantu pembangunan atap seng". Ungkap kepala desa setempat. 


“Kepada Seluruh jajaran pengurus LSM JARA yang ada di Aceh seandainya, ada kejadian serupa didaerahnya untuk segera melaporkannya supaya cepat diketahui, memang ada masalah atau kehidupan yang tidak layak bagi warga sekitar, mudah-mudahan dapat menjadi pelajaran bagi kita,” Pungkas Cut Bang Ketua Pembina DPP LSM JARA. 


Muhammad Al - Kautsar, Koordinator JARA Pijay kepada media ini mengungkapkan pembangunan Rumah Muhammad  ditargetkan selesai akhir Desember atau awal Januari. 


“Insya Allah di bulan Desember  ini harus selesai, selain menjelang Tahun Baru kita juga akan menyambut kedatangan bulan Ramadhan pada bulan April mendatang, jadi dengan kegiatan pembangunan rumah Dhuafa untuk Muhammad - Rukiah agar cepat selesai serta  bisa melaksanakan kegiatan Ibadah Ramadhan bersama keluarga dengan semangat, Ucap Kautsar,” 


Untuk membangun rumah fakir miskin/Dhuafa setiap tahun, kita perlu terlebih dahulu melihat kondisi rumah warga yang fakir miskin tersebut.


“Bantuan dari JCA, Cet Langet, LSM JARA rutin dilaksanakan setiap tahun. Kita perioritaskan kepada keluarga fakir miskin. Kemudian keluarga yang KK nya lebih dari tiga anak  dalam satu rumah dan sudah ditinggali 4 tahun lebih. Namun kita juga melihat kondisi Ekonomi , Pendidikan , Ketaatan dalam beribadah / Agama ,   Sosial bermasyarakat . karena kita menggunakan uang dari sejumlah donatur itu harus  benar - benar yang tidak layak huni” Ujarnya seraya mengatakan, Muhammad termasuk dalam kategori fakir uzur yang tidak memiliki apa apa. 


" Kami Sangat berterima kasih kepada Edi Fadhil Cet Langet, Jamboe Charity Australia, dan LSM JARA bersama pemerintah desa yang telah membangun rumah untuk saya, saya sudah lama menginginkan rumah yang layak untuk saya tinggali tapi baru sekarang saya mendapatkannya, kami bersyukur kepada Allah sudah memberikan rahmat agar kami bisa menghidupi keluarga kami dan anak anak kami yang sudah besar, semoga Allah membalas segala perbuatan yang telah dilakukan  bapak bapak semua dan menjadi amal kelak." Tutup Muhammad yang merupakan penerima rumah Dhuafa .


Turut hadir Tgk.Yahya , Kaur Pemerintahan Tgk.Mustafa , Ketua DPP LSM JARA , Pembina DPP LSM JARA ,Teuku Syamsul Ali , Subki pengurus Forum LSM Aceh , Zulkifli Pengurus  Forum LSM Aceh , Jasman, S.Pd.I dan Hafsah, S.Pd,I Pendamping PKH Kecamatan Bandar Dua insan Pers. (Red)