DANDIM 0106/ATENG DUKUNG LAUNCHING PRODUK UNGGULAN KERAWANG GAYO THN 2020 -->

Advertisement



DANDIM 0106/ATENG DUKUNG LAUNCHING PRODUK UNGGULAN KERAWANG GAYO THN 2020

SANGRAJAWALI
Monday, November 02, 2020


KeizalinNews.com | Takengon - Telah dilaksanakan kegiatan Launching Produk Unggulan Kerawang Gayo sekaligus Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan Rakerda Dekranasda Se-Aceh Tahun 2020 Bertempat di Gedung Olah Seni (GOS), Kp. Blang Kolak I Kec. Bebesen Kab. Aceh Tengah.


Kegiatan tersebut dilaksanakan terpusat di Aceh Jaya, namun dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19 sehingga kegiatan dilaksnakaan di daerah masing-masing serta mengikuti protokol kesehatan.



Dalam kegaiatan tersebut di hadiri oleh, Bupati Kab. Aceh Tengah Drs. Sabela Bubakar, Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Teddy Sofyan. Kapolres Aceh Tengah AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.IK. Ketua Pengadilan Negeri Aceh Tengah, Endi Nurhindra Putra, SH,.M.H, Wakil Ketua I DPRK Aceh Tengah Edy Kurniawan. Para kepala SKPK Kab. Aceh Tengah,para ibu ibu dan Tamu Undangan.


Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Teddy Sofyan.S.Sos.dukung dengan adanya kegiatan ini, dapat menimbulkan kepedulian terhadap industri dan pengrajinan kerawang gayo ditengah pandemi Covid-19.


"Tambahnya kami kodim 0106/Ateng Sangat mengapresiasi kegiatan Launching Produk Unggulan Kerawang Gayo sekaligus Pelaksanaan Rangkaian Kegiatan Rakerda Dekranasda Se-Aceh Tahun 2020 sebagai ajang promosi sehingga dapat menjebatani peningkatan SDM bagi pelaku Industri Kecil Menengah di Kab. Aceh Tengah," ucap Dandim 0106/Ateng.



Bagi para pengrajin. Dalam masa pandemi Covid-19, Supaya memudahkan transaksi jual beli diharapkan dapat menggunakan media online guna mendorong kreatifitas bagi pengrajin, Kerawang Gayo banyak digunakan untuk Accesoris Cindera mata, kursi, pakaian sebagai warisan budaya turun temurun sekaligus kewajiban kita untuk melestarikannya. Yang patut kita syukuri, akhir-akhir ini pengrajin tradisonal kerawang gayo yang merupakan kerajinan yang sudah ada sejak dulu, kembali bangkit. Para perajinnya bahkan sudah banyak berkreasi menciptakan kerajinan kerawang gayo yang mengikuti trend dan model kekinian.


Dengan ide- ide kreatif, misalnya dengan menggunakan platform digital seperti membuat Website, Blog dan melalui media sosial dan terus mengimbau, jangan pernah berhenti untuk mempromosikan kerajinan tradisional kita, apalagi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi saat ini, kita dimudahkan untuk berpromosi. Selain itu, libatkan juga generasi muda kita, baik yang berada di Aceh Tengah maupun di luar daerah untuk turut mempromosikan kerawang gayo agar mampu bersaing tingkat Nasional maupun Internasional," ungkapnya.



Bupati Aceh tengah Drs.Shabela Abubakar menyampaikan Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada dekranasda beserta dinas perdagangan, koperasi, usaha kecil dan menengah Kabupaten Aceh Tengah yang telah mendukung program kerja pemerintah daerah, melalui pembinaan dan pengembangan pengrajin di Kabupaten Aceh Tengah. 


Sebagaimana kita ketahui, saat ini kampung kerawang gayo bebesen masuk nominasi pada ajang anugerah pesona indonesia award tahun 2020 kategori destinasi belanja populer.  mari kita dukung kampung bebesen dengan cara ketik api 5d kirim ke 99386, Subscribe Youtube Apiaward dan jangan lupa di like, selanjutnya dapat juga mengikuti akun instagram @apiaward dan like gambar nominasinya sampai tanggal 31 desember 2020," Imbuhnya.


Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan  Peragaan: busana etnik daerah, Fashion show baju kreasi. Penampilan produk unggulan Kerawang Gayo,  Penyerahan, karangan Bunga / Souvenir. Senin (02/11/20). (Indra G)