Dalam Rangka Hari Pahlawan, AWS Gelar Bhakti sSsial di Monumen Jihad -->

Advertisement




Dalam Rangka Hari Pahlawan, AWS Gelar Bhakti sSsial di Monumen Jihad

SANGRAJAWALI
Tuesday, November 10, 2020


KeizalinNews.com | Surabaya - Menyambut hari pahlawan tahun 2020 dan mengenang jasa -jasa para kiai dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara republik indonesia ( NKRI ) Aliansi wartawan surabaya ( AWS ) menggelar bhakti sosial dengan tema " untuk pahlawanku ".


Dalam bhaksos ini sekitar 12 wartawan dari berbagai media di surabaya di pimpin penanggung jawab acara dan juga sekretarisAWS Amar Bachan nengikuti tahapan - tahapan yang telah disiapkan.



Dari pantauan awak media senin ( 09 / 11 / 2020 ) setelah minta idzin kepada petugas yang menjaga rumah bersejarah . Yanto, dan sahabat - sahabat lainnya anggota AWS diperkenankan melaksanakan kegiatan.


Dalam sambutannya Amar mengatakan, bahwa bhakti yang dilakukan merupakan pra  kegiatan dari serangkaian rencaba kerja yang terjadwal di wadah AWS hal yang paling penting, ini merupakan bentuk edukasi termasuk untuk diri kita sendiri bahkan tonggak sejarah kemerdekaan RI dari tempat ini (  Monumen resolisi jihad - red ) kareba di tahun 1945, usai kemerdekaan di kumandangkan serangkaian kejadian menimpa bangsa ini.


" pada intinya dunia internasional tidak mengakui perjuangan dan kemerdekaan RI, ini sebuah bentuk penghinaan atas bangsa dari bangsa dan negara juga ummat islam " ujar Amar



Usai memberikan arahan sambutan dilanjutkan pembacaan do'a yang dipimpin oleh Umar Faruq.


Ketua AWS .Martudji dalam kesempatan itu menjelaskan AWS yang merupakan wadah untuk wartawan yang beraktifitas di surabaya dengan mengemban AD/ART mempunyai gagasan program baik untuk internal pekerja media di surabaya , juga kegiatan lainnya yang bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.


"Atas nama jetya AWS saya mengucapkan terima kasih, sakah satunya kepada sekretaris mas Amar yang menjadi pioner ide hingga terlaksana  bhakti sosial ini " katanya



Perlu diketahui , monumen resulosi jihad ini, terletak di jalan bubutan gang III ditempat ini merupakan tempat pertemuan para kiai dan santri se hawa dan madura yang dipimpin oleh KH. M. Hasyim asy'ari. Rais akbar NU di surabaya pada tanggal 21 - 22 oktober 1945.


Kemudian melakukan resolusi jihad .Isinya untuk mempertahankan kemerdekaan 17 Agustus 1945. Semangat itulah yang menjadi penggerak dan mendorong  semangat arek - arek suroboyo untuk maju mempertahankan dan merebut serta menegakan kemerdekaan , dalam rangkaiannya terjadi pertempuran dahsyat 10 november 1945. (Mukti Abadi)