Babinsa Koptu Saring Bantu Petani Di Kampung Jongok Menanam Bawang -->

Advertisement




Babinsa Koptu Saring Bantu Petani Di Kampung Jongok Menanam Bawang

SANGRAJAWALI
Monday, November 02, 2020


KeizalinNews.com | Takengon - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Kota, Kodim 0106/Aceh Tengah, Koptu Saring, Senin (2/11/2020) membantu warga Kampung Jongok, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, menyiapkan lahan untuk tanaman bawang merah.  


Mulai dari menggarap lahan, penanaman hingga penamburan obat anti ulat, Koptu Saring ikut terjun bersama petani di areal tanaman bawang. Meski berseragam loreng lengkap Koptu Saring tak canggung memegang mesin traktor untuk mematangkan lahan penaman bawang merah.



Ditemui di lokasi areal pertanian bawang merah di Kampung Jongok, Koptu Saring menyebutkan, kehadiranya mematangkan lahan tanaman bawang merah, merupakan bagian dari tugas Babinsa dalam membantu masyarakat. “Selain membantu petani, kami juga bertukar pengalaman tentang cara bercocok tanam yang baik,” kata Saring.


Disebutkan, sesuai dengan tugas Babinsa sebagai unsur pelaksanaan koramil yang bertugas melaksanakan pembinaan territorial (Binter) di wilayah tugas khususnya di tingkat desa. “Selain kami berkoordinasi dengan aparat desa, juga melakukan beragam kegiatan yang menyangkut dengan sosial, memberi penyuluhan, bahkan terjun langsung membantu masyarakat,” tuturnya.


Disisi lain, lanjutnya, terkait dengan pematangan lahan serta penanaman bawang merah di Kampung Jongok, Kecamatan Kebayakan, bukan hanya sekadar memberikan bantuan di awal penaman, tetapi akan terus dilakukan bimbingan hingga memasuki masa panen.


“Tentu kita berharap, dengan adanya keterlibatan Babinsa, bisa memberikan manfaat bagi petani. Paling tidak, agar hasil panennya nanti bisa maksimal, dan dapat membantu ekonomi petani. Apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini, ekonomi masyarakat banyak terdampak,” pungkasnya. (Indra G)