Aceh Timur Cetak Ratusan Ulama Muda -->

Advertisement

SELAMAT DATANG DI WWW.KEIZALINNEWS.COM INSPIRASI RAKYAT INDONESIA

Aceh Timur Cetak Ratusan Ulama Muda

Redaksi
Friday, November 27, 2020


KeizalinNews.com | IDI - Selama kurun waktu 7 tahun, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) telah mencetak ratusan Ulama Muda melalui pelatihan Kader Ulama Muda, dimana para ulama muda ini bisa berperan di masa yang akan datang sekaligus untuk mengantikan peran para ulama-ulama saat ini. Jumat, (27/11/2020). 


Muhammad,SH, MH selaku Plt Asisten II Setdakab Aceh Timur mengatakan peran para ulama di masa yang akan datang tentunya lebih berat dibandingkan dengan saat ini, dimana kemajuan dan perkembangan zaman akan bertambah maju begitu juga dengan pola kehidupan masyarakat yang mengikuti perkembangan tersebut. 



Oleh karena itu selain bisa menjadi benteng ditengah-tengah masyarakat dalam menjaga tongak Syari’at Islam agar tetap tegak dan kokoh, para ulama muda ini diharapkan juga mampu menjaga tantanan moral, etika serta Akhlaq bagi masyarakat sekaligus mampu mengajak sengenap lapisan masyarakat untuk tetap berjalan sesuai peraturan Syari’at Islam yang berlaku, sebab Syari’at itu dibuat untuk melindungi masyarakat itu sendiri.


Lebih lanjut ia mengatakan peran ulama untuk masa yang akan datang diharapkan juga mampu untuk mengajak pemuda/pemudi untuk memerangi segala bentuk perbuatan maksiat yang terjadi dan telah menjadi penyakit di tengah-tengah masyarakat .7


seperti penyakit Narkoba sekaligus mampu menangkal pengaruh budaya asing dan para ulama mampu memberikan keyakinan kepada masyarakat melalui perkataan dan perbuatan yang baik yang sudah tentu akan menjadi suri tauladan bagi masyarakat.


Sementara itu ketua MPU Kabupaten Aceh Timur, Tgk.H. M. Nur atau Abu Keunire mengatakan dimasa yang akan datang perlu adanya ulama-ulama yang akan meneruskan peran yang sudah mereka jalani sekarang, dan tentunya hal tersebut diperlukan suatu proses kaderisasi ulama dengan mengajarkan serta membekali mereka dengan memfokuskan pada penguasaan ilmu dasar keislaman seperti Al-Qur’an, Tafsir, Hadist, Fiqh, Usul Fiqh dan lain sebagainya, hal ini bertujuan agar mereka mampu mengembangkan potensi dan keterampilan diri dalam memperluas ilmu pengetahuan, mengembangkan strategi dakwah, meningkatkan kualitas dalam menghadapi berbagai probematika.


Erizal, SE selaku Sekretaris Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh Timur dalam laporannya mengtakan MPU Aceh Timur sejauh ini sudah mencetak sebanyak 480 orang Kader Ulama Muda se Aceh Timur, melalui kegiatan Pengkaderan Ulama Muda sebanyak 10 anggkatan yang dilaksanakan selama 10 hari sejak 18 sampai dengan 27 November 2020. Adapun tema pada kegiatan Pengkaderan Ulama Muda Anggkatan X ini adalah “dengan pelatihan kader ulama muda kita tingkatkan kapasitas dan peran ulama dalam pembangunan daerah” hal ini dimaksudkan untuk menciptakan generasi yang memiliki daya serap, kopetensi keilmuan dan wawasan keulamaan bagi para generasi muda yang tergabung dalam Pelatihan Kader Ulama Muda (PKU-MUDA) dan dengan dilaksanakan kegiatan ini  Aceh Timur kedepannya dapat melahirkan ulama-ulama yang memiliki kopetensi ilmu agama yang mendalam, wawasan keislaman yang luas serta memiliki integritas sehingga nantinya mereka ini benar-benar menjadi ulama yang berani dalam menegakan yang benar dan mencegah perbuatan yang bathil. (Nazaruddin)