Satgas TMMD Kodim 0106/Aceh Tengah Ajari Anak-anak Desa Pantan Musara Cara Berwudhu -->

Advertisement


 

Satgas TMMD Kodim 0106/Aceh Tengah Ajari Anak-anak Desa Pantan Musara Cara Berwudhu

SANGRAJAWALI
Saturday, October 10, 2020

KeizalinNews.com | Aceh Tengah - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Jajaran Kodim 0106/Aceh Tengah, di Kampung Kala Wih Ilang dan Desa Pantan Musara, Kecamatan Pegasing, diisi beragam kegiatan diluar tugas utama membenahi akses masyarakat.


Dalam mengisi waktu luang, sejumlah personel Satgas TMMD memanfaatkan waktu bermain serta mengajari anak-anak di lokasi saasaran TMMD. Seperti mengajari mengaji, membuat mainan dari pelepah pisang serta memberikan pengetahuan tentang tata cara berwudhu, tata cara shalat bagi anak-anak di Kampung Pantan Musara.


Seperti yang dilakukan oleh Prada Alhamdi. Sembari bercengkrama dengan sejumlah anak-anak di Balai Pengajian, Desa Pantan Musara, ia mengajari beberapa anak tentang tata cara mengambil air wudhu. Dengan sabar, Prada Alhamdi mempratekan mengambil wudhu sembari diikuti anak-anak yang berbaris di depannya.


Setiap gerakan yang dicontohkan Prada Alhamdi, secara serentak diikuti oleh anak-anak.  Mulai dari cara mencuci telapak tangan, mencuci tangan mulai dari siku, berkumur, mencuci muka, membasuh rambut, telinga hingga mencuci kaki. Semua gerakan berwudhu diajarkan secara detail, namun dengan cara yang mudah untuk diikuti oleh anak-anak di desa itu.


Ketika ditanya tentang niatnya mengajari anak-anak untuk berwudhu, Prada Ilhamdi menyebutkan, kegiatan tersebut, untuk mengisi waktu luang setelah selesai mengikuti kegiatan utama bekerja membangun ruas jalan.


“Selain kita berikan tata cara berwudhu, juga sekaligus dengan bagaimana gerakan shalat. Anak-anak sudah pasti diajari di sekolah atau orang tuanya, tetapi kami mencoba mengingatkan kembali,” kata Prada Ilhamdi.


Prada Ilhamdi mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan TMMD ke-109 di Kampung Pantan Musara, dan Desa Kala Wih Ilang, bukan sekedar untuk menyelesaikan pekerjaan fisik, tetapi banyak kegiatan lain yang bermanfaat bisa dilakukan oleh personel Satgas TMMD.


“Mudah-mudahan, dalam waktu yang tidak terlalu lama, kami bisa mencurahkan semua kemampuan untuk membantu warga. Bukan hanya sekedar, sasaran fisik tetapi hal lain juga bisa dilakukan. Tentu dengan tidak mengganggu tugas utama yang menjadi sasaran TMMD,” pungkasnya. (Indra G)