IGI Aceh Timur Gagas Program IVS untuk Meningkatkan Kompetensi Guru -->

Advertisement


 

IGI Aceh Timur Gagas Program IVS untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

SANGRAJAWALI
Saturday, October 03, 2020

 

KeizalinNews.com | IDI - Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Timur kembali melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi guru melalui program IGI Visits School (IVS).

Salah satu tim pelatih IGI Aceh Timur, Agussalim disela-sela saat melatih para guru di SDN Alue Lhok Kabupaten Aceh Timur menjelaskan kepada media ini pada Sabtu (3/10/2020), IVS merupakan salah satu program andalan IGI Kabupaten Aceh Timur, dimana sekolah yang gurunya semua telah menjadi anggota IGI, maka berhak menerima pelatihan sesuai yang diinginkan kepada seluruh guru di sekolah tersebut secara gratis.

"Pada kesempatan ini, tim pelatih IGI diturunkan untuk melatih para guru-guru di SDN Alue Lhok untuk materi membuat video pembelajaran", jelas Agussalim lebih lanjut.

Saat ditanya, apa syarat utama agar guru-guru di suatu sekolah mendapatkan pelatihan gratis dari IGI Kabupaten Aceh Timur.

"Syaratnya sangat mudah, bagi sekolah yang gurunya 100 % telah menjadi anggota IGI, silahkan hubungi kami, pilih materi yang diinginkan, para pelatih IGI dengan senang hati akan datang ke sekolah tersebut untuk berbagi ilmu," ungkap Agussalim yang juga merupakan Sekretaris IGI Aceh Timur.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa master animasi ini mengungkapkan bahwa, IVS merupakan sebuah program yang sudah dicanangkan oleh para pengurus terdahulu di IGI Kabupaten Aceh Timur, sekitar 5 tahun yang lalu dan sudah banyak sekolah mendapatkan pelatihan gratis untuk para gurunya.

"Adapun materi yang ditawarkan oleh IGI Kabupaten Aceh Timur pada program IGI Visit School ini yaitu, materi membuat teka teki silang pembelajaran, pelatihan animasi pembelajaran, pelatihan mudah membuat video pembelajaran", jelas Agussalim.

Selanjutnya Agussalim menambahkan, materi-materi pelatihan pada IVS yaitu pelatihan membuat media pembelajaran dengan OBS dan link YouTube, mendesain televisi sekolah, memanfaatkan Blogger dalam pendidikan Jarak Jauh masa Pandemi dan pelatihan membuat komik pembelajaran.

"Nah bagi para IGIers yang ingin sekolahnya diberikan pelatihan gratis, ayo ajak bergabung semua kawan-kawan agar menjadi anggota IGI", pungkas Agussalim. (Fitriadi/Muntadir)(