Percepat Penanganan Covid-19 Gugus Tugas Aceh Tengah Gelar Rapat Evaluasi - KEIZALINNEWS.COM

Percepat Penanganan Covid-19 Gugus Tugas Aceh Tengah Gelar Rapat Evaluasi


KeizalinNews.com | Takengon - Penanganan Covid-19 di Aceh Tengah masih terus berlangsung, guna membahas lebih lanjut langkah - langkah yang akan ditempuh kedepan, Tim Gugus Tugas menggelar Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 dan Pendisiplinan Protokol Kesehatan, rapat tersebut berlangsung di Gedung Oproom Setdakab Aceh Tengah, Senin (31/08/2020).

Dibuka oleh Ketua Bidang Pusat Kendali Operasional Gugus Tugas Covid-19 Drs. Ishak, menyampaikan rapat ini merupakan evaluasi kinerja tim gugus tugas penanganan Covid-19 dan upaya sinergitas antara semua angota tim guna menentukan arah stategis kedepan terkait percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Aceh Tengah.


Selanjutnya Kapolres Aceh tengah AKBP. Mahmun Hari Sandy selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah, ketika menyampaikan masukan dan arahan, memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi dari masing-masing bidang untuk memahami dan memaksimalkan usahanya, guna dapat berjalan sesuai fungsi dan kewenangannya masing - masing pada bidang tugasnya, dalam upaya melaksanakan tugas percepatan penanganan Covid 19 di Kabupaten Aceh Tengah.

Dikatakannya pula dalam upaya memutuskan mata rantai Covid-19  agar memastikan disetiap tempat pelayanan publik dan sarana umum tersedia tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengaturan jaga jarak, jauhi kerumunan masa dan seruan mewajibkan penggunaan masker dalam menjalankan kegiatan sehari - hari serta disiplin menjalankannya sesuai protokol kesehatan.

Kemudian ditegaskan pula dalam penyebarluasan informasi agar ada sinergi dan koordinasi yang baik antara Humas/Jubir dari Pemerintah Kabupaten dengan Humas Polres maupun TNI untuk bersama dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui Media Sosial, Internet, Brosur, Spanduk dan Radio terkait Covid-19.


Baik itu tentang upaya atau langkah yang harus dilaksanakan, dasar peraturan, Surat Edaran, Peraturan Pemerintah Daerah, maupun anjuran protokol kesehatan yang harus diterapkan dalam melakukan aktifitas sehari-hari di rumah, pasar dan pusat-pusat keramaian.

Kemudian juga disampaikan untuk memantau informasi yang beredar dimasyarakat agar informasi yang tidak benar dan tidak bertanggungjawab atau berita hoax dapat segera diklarifikasi, sampaikan kebenaran agar tidak terjadi kebingungan dan simpang siur informasi yang beredar di tengah masyarakat.

"Dalam kondisi saat ini, kita harus terus berupaya mensosialisasikan, memberikan pemahaman dan memberikan edukasi dengan tidak kenal lelah kepada segenap lapisan  elemen masyarakat kita" tegas Kapolres Aceh Tengah.

Dalam rapat tersebut Juru Bicara Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19, dr Yunasri, SKM juga berkesempatan memaparkan upaya yang sudah dilakukan selama ini, antara lain penguatan kapasitas terhadap tenaga medis maupun para relawan dan pihak-pihak yang selama ini bersentuhan langsung dalam penanganan dengan pasien positif Covid-19 termasuk melibatkan para tokoh masyarakat dan tokoh agama sehingga hal-hal yang sensitif yang rentan keributan dapat dihindari, termasuk upaya pengendalian infeksi agar tenaga kesehatan tidak terpapar Covid-19.

Disampaikan pula bahwa tim personil yang ditempatkan pada pos pantau pintu masuk ke wilayah Aceh Tengah telah melaksanakan Cek Point di pos perbatasan yaitu pada pos pantau Bukit Sama, pos pantau Simpang Simpil, pos pantau Celala dan pos pantau Ketol terus berupaya disiplin dalam menjalankan tugasnya dan tetap melaksanakan prosedur dan S.O.P penanganan Covid-19. 

Menanggapi hal tersebut Kapolres Aceh Tengah menyampaikan apresiasinya kepada segenap personil tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Aceh Tengah dalam upaya percepatan penanganan Corona virus disiase 2019 (Covid-19).

"Mari kita terus melaksanakan tugas kita masing-masing dengan sungguh - sungguh dan penuh tanggungjawab, sebagai personil penanganan pandemi covid-19, terus berupaya memberikan contoh dilapangan kepada masyarakat, dan mudah - mudahan pandemi di Kabupaten Aceh Tengah ini dapat kita lalui dengan kemenangan," ujar AKBP Hari Sandy.

Lebih lanjut Kapolres  menyampaikan," untuk para Camat dan Reje selaku tim gugus tugas
Kecamatan dan Kampung untuk meningkatkan lagi efektivitas pos - pos pengamanan Virus Corona di masing - masing Kecamatan dan Kampung, karena ini merupakan usaha paling efektif dalam membentengi masyarakat atau mengontrol setiap orang yang keluar masuk wilayahnya," pesannya.

Dihimbau pula kepada bidang pengamanan dibawah komando Kasatpol PP untuk tetap terus melakukan pemantauan dilapangan dan dalam melaksanakan pemantauan dan penertiban agar tetap mengedepankan pendekatan sesuai kultur budaya masyarakat serta syariat, serta dalam hal penindakan dan pemberlakuan sanksi agar berkoordinasi dengan POLRI dan TNI selaku anggota tim pengamanan Covid-19.

"Terakhir kepada kita semua saya ucapkan terima kasih, terus bekerja
dengan semangat pengabdian untuk masyarakat, tetap berupaya tangguh, karena bersama kita bisa, melawan Corona Virus Disease 2019 ini dan selamat bekerja," tutup Kapolres Aceh Tengah. (Indra G)







RESPONSIVE CONTENT ADS 650PX

0 Comments