YANG TERSiSA MANTAN PEJUANG TIMOR - TIMUR -->

Advertisement



YANG TERSiSA MANTAN PEJUANG TIMOR - TIMUR

SANGRAJAWALI
Tuesday, August 18, 2020

Sayuti (80) Veteran mantan pejuang Timor-timur

KeizalinNews.com | Jombang -  Sayuti  ( 80 )  mantan pejuang Timor - timur  ( sekarang Timur Leste  )  seorang warga Dsn Paritan . Desa Keras kecamatan Diwek .Kabupaten Jombang . JAwa timur kepada KeizalinNews . ( 18 / 08 / 2020 ) menceriterakan suka dukanya saat bertugas di timor - timur  sangat berat  karena disana medan nya  sangat tidak bersahabat ditambah pertempuran di sana itu dilakuakan secara gerilya diakuinya bahwa  musuh kita disana itu rata - rata penembak jitu  jadi setiap keluar kita tidak berani sendiri paling tidak harus orang  empat.

Sayuti mulai masuk pendidikan militer tahun 1962  setelah itu tergabung di Yonif K3   serbu malang  dia ditugaskan  ke Timor - timur  1 januari 1976 dan kembali  tahun 6 maret 1977 bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 1977 itulah sebabnya begitu  tiba dari Tim - tim langsung pengamanan pemilu jadi belum sempat ketemu keluarga langsung di tugaskan kembali di  daerah kedung kandang kab . malang

Pada saat bertugas di Tim - tim dipimpin  oleh komandan kompi  lettu Rochani  dan  komandan dan komandan peleton  Martoyo, menurut Sayuti saat berangkat dirinya tergabung di bigade 16 Kediri.

Piagam Bintang Saroja dari Pemkab Jombang

Selepas bertugas di Tim -tim Sayuti bertugas di Korem 0815 Mojokerto dan seteah itu pindah ke.Kodim 0814 Jombang  terakhir bertugas di Koramil Gudo Jombang

Ditambahkan oleh sayuti  bahwa sekarang ini kalau mencari veteran  pejuang 1945  sudah sulit sekali bahkan nyaris tidak akan menemukan . Pasalnya  para veteran pejuang.1945 jika dilihat umurnya paling tidak mereka sekarang berumur antara 90 - 100 tahun  " makanya sampean gak bakal bisa menemukan  karena kebanyakan mereka sudah meninggal dunia  jadi veteran yang ada sekarang ini adalah veteran 45 pejuang  bukan pejuang 45 dan usia yang ada sekarang adalah mungkin sama dengan saya itu kalau masih hidup " katanya.

Saat ditanya KeizaiinNews ; tentang  veteran yang ada sekarang ini .Sayuti menjawab " bahwa para veyeran yang ada sekarang ini  sama dengan dirinya yaitu sama - sama angkatan 60 an  jadi semua veteran yang ada diindonesia ini adalah mereka yang aktif sebagai tentara di tahun 1960 " imbuhnya. (Mukti Abadi)





.