Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci Jadi Pembuka Peringatan HUT ke-75 RI di Aceh Tengah - KEIZALINNEWS.COM

Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci Jadi Pembuka Peringatan HUT ke-75 RI di Aceh Tengah


KeizalinNews.com | TAKENGON – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah beserta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, menggelar pelaksanaan upacara apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Senin (17/8/2020) dini hari. Kegiatan itu, mengawali rangkaian peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Aceh Tengah.

Upacara yang dihadiri Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Ketua DPRK, Arwin Mega, Kapolres Aceh Tengah, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, Kajari Nislianuddin, Ketua PN Takengon, Endi Nurindra Putra, Ketua MPU Tgk H M Isa Umar, serta sejumlah kepala SKPK setempat. Bertidak sebagai Irup Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Teddy Sofyan.

Apel kehormatan dan renungan suci yang dimulai sekira pukul 00.00 WIB, berlangsung secara khidmat selama lebih kurang 20 menit untuk memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Kegiatan juga dilanjutkan dengan pembacaan naskah apel serta ditutup dengan pembacaan doa.



Naskah apel yang dibacakan oleh Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Teddy Sofyan berbunyi bahwa upacara yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Reje Bukit, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan menghadirkan sekitar 36 angkatan bersenjata, pengawai sipil 3 orang dan pejuang rakyatan dua orang.

“Kami menyampaikan horma yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa. Dan kami bersumpah  dan berjanji bahwa perjuangan saudara saudara adalah perjuangan kami pula. Semoga arwah saudara saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat sewajarnya,” kata Teddy Sofyan. 

Adapun sebagian rangkaian upacara penghormatan dan renungan suci diantaranya mengheningkan cipta, pembacaan doa, penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan yang dipimpin komandan upacara Danramil 01/Pegasing Kapten Inf Bambang Suhartono. Selama apel kehormatan dan renungan suci, dilangsungkan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (Indra G)







RESPONSIVE CONTENT ADS 650PX

0 Comments