KKN Citra.co Ilmu Komunikasi FISIP ULM Suport UMKM Melalui Program SuLoKal - KEIZALINNEWS.COM

KKN Citra.co Ilmu Komunikasi FISIP ULM Suport UMKM Melalui Program SuLoKal

Ria Nita salah satu anggota KKN

KeizalinNews.com | Kalsel - Dalam rangka membantu mengembangkan beberapa pelaku usaha atau UMKM di tengah kondisi pandemi covid-19, kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Citra.Co Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengusung program kerja SuLoKal atau Support Produk Lokal.

Melihat kondisi perekonomian para pelaku usaha yang menurun cukup drastis karena terdampak pandemi, mereka beranggapan penting kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat untuk membantu proses pemberdayaan dan pengembangan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) agar tetap mampu survive dalam persaingan usaha di era digital ini.

Dikarenakan anggota kelompok yang tersebar di beberapa wilayah, yaitu di Kota Banjarmasin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru, dan Kota Makassar, semakin mempermudah kelompok Citra.co dalam melihat berbagai potensi produk lokal untuk kemudian dikembangkan sesuai dengan  disiplin ilmu komunikasi dalam hal digitalisasi.

Muhammad Rafi’ Fauzi, Ketua Kelompok Citra.co mengungkapkan, ‘Pada dasarnya tujuan program SuLoKal ini tidak lain adalah untuk mensupport produk-produk lokal di sekitar kita yang belum terlalu berkembang. Targetnya memang UMKM yang membawa nuansa local wisdom.” Tuturnya.

Menurut mereka, SuLoKal ini hadir sejatinya karena kegelisahan pelaku UMKM yang bisa dirasakan dan dipahami mahasiswa karena terdampak pandemi. “Karena kan pelaku usaha local wisdom ini yang cukup banyak belem berkembang. Seperti dalam hal promosi, packaging, dan lain-lainnya. Apalagi beberapa dari mereka yang belum mengenal penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran saat ini.” Lanjut Rafi’.

Lebih jauh, salah satu anggota Kelompok Citra.co, Ria Nita, menyatakan bahwa SuLoKal ini hadir untuk menjadi salah satu solusi nyata dalam hal membantu para pelaku UMKM di daerah lokasi KKN, sebagai upaya untuk membantu memakmurkan dalam membuat keberlanjutan pemasaran yang efektif di masa-masa sulit seperti sekarang.

“Sederhananya seperti membantu membuatkan brand dan logo produk, pengemasan yang lebih menarik, pembuatan contoh foto dan video promosi, serta edukasi teknik-teknik marketing yang baik. Sehingga nanti walaupun kami sudah selesai KKN, mereka tetap bisa menjalankan. Intinya dalam hal keberlanjutan.” Ungkap Ria.

Rahimah, salah satu pelaku UMKM Kain Tenun Khas Pagatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu menyambut hangat kedatangan dan maksud tujuan dari mahasiswa KKN ini. Ia menuturkan bahwa memang karena kondisi pandemi ini, penjualan kain tenun menjadi sangat menurun. “Iya sangat kurang dari biasanya. Kalau biasa setiap tahun ada pesta laut, kan, Bupati dan orang-orang dinas sering bepasan kain, sekarang karena tidak ada pesta laut, jadi pesanan juga tidak ada.” Jelasnya.

Kemudian pelaku UMKM dari Kabupaten Kotabaru, yang menjual kerupuk ikan parang-parang khas Kotabaru, juga begitu senang atas bantuan yang akan diberikan bantuan oleh mahasiswa KKN Citra.co. Beliau berharap, setelah dibantu untuk penjualan ke luar daerah Lontar, semoga produk yang menjadi usahanya bisa semakin dikenal dan semakin banyak yang membeli. “Soalnya, kan, kalau mengharapkan penjualan dalam desa aja, konsumennya kada berkembang, kada bertambah.”


Disamping itu, Asti Nana Yuliarti, S.S., M.I.Kom., dosen pembimbing lapangan kelompok Citra.co sangat mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan mahasiswa bimbingannya. Karena menurutnya, sebagai mahasiswa sudah seharusnya mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan di bangku kuliah untuk ikut serta membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat.

“Harapan saya melalui program SuLoKal ini, para mahasiswa bisa memberikan kontribusi nyata di masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Sehingga bisa bermanfaat di tengah masyarakat. Apalagi di tengah kondisi perekonomian yang tidak bisa diprediksi saat ini.” Ujar dosen yang akrab disapa Ibu Asti itu. (Hanafi) 







RESPONSIVE CONTENT ADS 650PX

0 Comments