Proyek Peningkatan Jalan Poros Muara Padang Senilai Rp.81,84 Sepanjang 21 KM, Di Lapangan Hanya 19,8 KM -->

Advertisement


 

Proyek Peningkatan Jalan Poros Muara Padang Senilai Rp.81,84 Sepanjang 21 KM, Di Lapangan Hanya 19,8 KM

Keizalinnews.com
Friday, June 26, 2020


KeizalinNews.com | Banyuasin - Pemkab Banyuasin selama ini mengklaim proyek peningkatan Jalan Poros Muara Padang – Muara Sugihan sepanjang 21 KM senilai Rp.81,84 miliar, namun faktanya hanya dikerjakan sepanjang 19,8 KM.

Hal ini mendapat sorotan oleh Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) dan Relawan Jaya Bersatu (RJB) Kabupaten Banyuasin terkait Rencana Anggaran Biaya (RAB) proyek yang disetujui sebelumnya.

“Dari berbagai sumber menyebut proyek yang dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT. Rotari Persada tersebut panjangnya 19,8 KM. Sebab itu, kami minta kejelasan dari dinas terkait,”ujar Iswandi Ketua Relawan Jaya Bersatu (RJB) Banyuasin.

Soalnya dengan pengerjaan jalan sepanjang itu, lanjut Iswandi seharusnya nilai anggaran proyek juga dikurangi. Kemudian, sisa anggaran proyek yang diperkirakan lebih dari Rp.4 miliar kemana larinya.

Sementara kontrak proyek tahun 2019 lalu telah ditandatangan bahkan telah dilaunching oleh Bupati Askolani belum lama ini.

“Kita minta instansi terkait transparan, karena ini menyangkut uang rakyat, apabila disalahgunakan akan merugikan masyarakat,”harapnya.

Sedangkan, Ketua JPKP Banyuasin Murtono, SH menegaskan bahwa pihaknya telah melayangkan surat pengaduan ke Kantor Dinas PUTR Banyuasin, Kamis (25/6). Dan surat tersebut telah diterima oleh Sekretaris Dinas PUTR Banyuasin.

“Kita minta ada jawaban dari dinas terkait, apabila tidak sesuai dengan hasil investigasi di lapangan maka akan dilaporkan ke pihak aparat penegak hukum,”katanya singkat.

Menanggapi itu, Sekretaris Dinas PUTR Banyuasin Tantowi menyatakan adanya laporan Ormas ini pihaknya akan dikoordinasikan ke PPK yang bertanggung jawab terhadap teknis proyek. “Nanti akan ditanggapi surat mereka,”katanya. (Rn).