Dit Polair Polda Kalimantan Barat Berhasil Mengamankan Kayu Hasil Pembalakan Hutan

Dit Polair Polda Kalimantan Barat Berhasil Mengamankan Kayu Hasil Pembalakan Hutan

KeizalinNews.com, Kabupaten Kubu Raya – Kalimantan Barat. Dit Polair Polda Kalimantan Barat berhasil mengamankan satu tersangka dengan indisial US, dan berhasil menyita ribuan keping kayu olahan dan batang kayu yang diduga illegal saat menyusuri perairan Dusun Sedayu Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Kamis, (3/01/2018).

Dit Polair Polda Kalimantan Barat Kombes Pol Alex Fauzi Rasad melalui Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Kalimantan Barat AKBP Gusti Maychandra mengatakan, hal ini terungkap saat personil, menyusuri perairan Dusun Sedayu, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Pada saat menyusuri perairan Dusun Sedayu Kecamatan Ambawang Kabupaten Kubu Raya, pihaknya menemukan sekitar kurang lebih 2.390 keping kayu olahan dan 41  batang kayu bulat Illegal yang berjenis kayu mahang, kayu cempedak air dan kayu gawang.

“Dari pengembangan yang Kita lakukan, Pelaku mendapatkan kayu dari hutan yang tidak dilengkapi dengan Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan Kayu ( SKSHK),” katanya, jum’at (05/01/2018).

Ia pun menuturkan, tersangka saat ini sudah diamankan di Dit Polair Polda Kalimantan Barat dan barang bukti telah di amankan di Marnit Suka lanting Polair Polda Kalimantan Barat.

Dari penanganan kasus ini, lanjutnya. “Tersangka akan dikenakan dengan pasal 83 ayat 1 huruf e, junto pasal 12 huruf b. UU nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan. “Dengan ancaman pidana kurang lebih 5 tahun penjara dan denda 2,5 Miliar,” pungkasnya. (Tim Redaksi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.

error: Content is protected !!